Support dan Resistance

Posted by Bimaster On Minggu, 21 Agustus 2011 0 komentar

Selain trend, ‘Support’ dan ‘Resistance’ adalah istilah yang paling umum digunakan dalam analisis teknikal. Support dan Resistance juga garis imajiner yang menandakan wilayah dimana sebuah trend tidak dapat berlanjut dan cenderung berbalik arah.

Pembeli VS Penjual
Gerakan harga yang terjadi pada bursa forex adalah hasil dari pergulatan antara pembeli dan penjual. Pembeli mendorong harga untuk naik sementara penjual berlaku sebaliknya, mendesak harga untuk turun. Arah pergerakan harga menunjukkan siapa diantara pembeli dan penjual yang memenangkan pertarungan pada saat itu.

Support adalah tingkat harga dimana pembeli memiliki posisi yang kuat dan mengambil alih kontrol pasar sehingga mampu mencegah harga merosot lebih jauh.
Sebaliknya resistance adalah tingkat harga dimana penjual berada dalam posisi yang lebih kuat dan mengambil alih kontrol pasar sehingga mampu mencegah harga naik lebih jauh.

Support juga menggambarkan tingkat harga dimana sebagian besar investor percaya pada level tersebut harga akan naik sehingga memutuskan untuk mengambil posisi beli. Sebaliknya resistance adalah tingkat harga dimana sebagian investor beranggapan harga pada level ini sudah terlalu tinggi dan selanjutnya akan bergerak turun sehingga banyak yang mengambil posisi jual.

Kondisi ini biasanya cenderung berulang, saat harga naik mendekati resistance ada lebih banyak investor yang masuk untuk mengambil posisi jual, sebaliknya saat harga mendekati support ada banyak investor yang melihat level tersebut menguntungkan untuk mengambil posisi beli. Ini menyebabkan support dan resistance berkali-kali gagal ditembus.















Support dan resistance juga bisa lebih dari satu, misalnya dalam keadaan kondisi market yang trending seperti ilustrasi berikut ini:
















Pola zigzag yang terjadi pada gambar diatas memiliki trend ke atas ('bullish').
Saat harga naik dan turun kembali, harga tertinggi yang tercapai sebelum harga turun kembali adalah resistance. Kemudian pasar kembali mengarah ke atas, harga terendah yang tercapai sebelum harga kembali naik adalah support.

Dengan demikian support dan resistance terus-menerus terbentuk secara dinamis bersamaan dengan naik-turunnya pergerakan harga di pasar. Hal ini juga berlaku pada pasar yang memiliki trend ke bawah ('bearish').

Pergantian Support & Resistance
Bagaimanapun situasi pasar sangat dinamis, pergerakannya tidak mungkin hanya dipengaruhi oleh batas-batas support-resistance saja.
Faktor-faktor fundamental atau psikologi pasar dapat membuat harga bergerak dengan tajam menembus support atau resistance yang mengakibatkan harga masuk ke dalam level yang baru, yang mungkin saja belum ada sebelumnya.

Pada kondisi ini biasanya apa yang semula support sekarang berubah menjadi resistance. Dan sebaliknya apa yang tadinya resistance sekarang berubah menjadi support.











Menetapkan Support & Resistance
Support dan resistance dapat ditetapkan dengan berbagai cara. Yang paling sederhana tapi juga paling populer adalah dengan cara pengamatan visual. Cara yang lain dengan menggnakan Fibonacci Retracement Level dan Pivot Point.

Untuk cara visual, support dan resistance ditetapkan dengan menarik garis pada level dimana pergerakan (bullish ataupun bearish) sulit berlanjut.
Akan lebih kuat lagi jika level tersebut sebelumnya juga pernah menjadi support/resistance.
Memang cara penentuan garis support dan resistance ini tidak persis sama untuk setiap trader, akan tetapi ada prinsip umum yang dapat dijadikan pedoman untuk menentukannya.

Harus dipahami bahwa suatu level yang kita anggap support/resistance hanya benar-benar menjadi support/resistance jika banyak orang lain juga melihatnya demikian. Level itu tidak akan berarti apa-apa jika hanya anda sendiri yang melihatnya.

Dengan demikian level support/resistance yang ingin kita tarik harus sungguhsungguh jelas sehingga kita yakin banyak orang lain melihatnya sebagai support/resistance juga.

"Analisa lebih mudah dan profitabel dengan  support resistance.Dapatkan metode gratis Kami klik disini "
Semoga artikel Support dan Resistance bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Entri Populer