Dasar-dasar teknikal

Posted by Bimaster On Minggu, 21 Agustus 2011 0 komentar

Analisis teknikal adalah sebuah riset dinamika pasar yang dilakukan dengan bantuan chart dengan tujuan untuk memprediksi pergerakan suatu harga. Penggunaan analisis teknikal dalam forex-trading didasarkan pada asumsi-asumsi berikut:















#1.Gerakan pasar mencerminkan semua faktor yang mempengaruhinya. Ini adalah faktor penting untuk memahami analisis teknikal. Faktor apapun yang mempengaruhi pasar, entah itu faktor ekonomi, politik, atau semata-mata faktor psikologis, keseluruhan dampak yang ditimbulkannya dapat terlihat dari pergerakan mata uang yang terekam dalam chart. Dengan kata lain data-data teknikal yang terekam dalam chart memberikan gambaran yang menyeluruh terhadap dinamika pasar. Dengan asumsi ini seorang analis teknikal yang mengamati chart dan berbagai indikator teknikal mencoba memahami apa yang sedang terjadi di pasar dan berupaya memperkirakan gerakan apa yang akan terjadi berikutnya.

#2.Harga bergerak mengikuti trend
Asumsi ini adalah dasar dari semua metode analisis teknikal. Seandainya gerakan fluktuasi mata uang sematamata bersifat acak dan tidak memiliki trend maka analisis teknikal sama sekali tidak mungkin. Tapi karena pergerakan mata uang memiliki trend maka upaya analisis teknikal menjadi mungkin dan bermanfaat. Asumsi bahwa pergerakan harga mengikuti trend memunculkan dua akibat. Yang pertama, trend yang sedang terjadi biasanya akan berlanjut dan tidak berbalik tanpa sebab. Yang kedua, trend akan terus berlanjut sampai trend yang lain muncul dan mempengaruhi pasar.

#3.Sejarah selalu berulang
Dinamika pasar dipengaruhi oleh perilaku dan tindakan dari para pelaku pasar. Bagaimanapun aksi dan reaksi dari pelaku pasar memiliki suatu pola yang berulang karena selain dari karakteristik sifat manusiawi yang dipengaruhi oleh 'greed and fear' (ketamakan dan ketakutan) para pelaku pasar juga belajar dari pengalaman yang terjadi di masa lalu. Dengan asumsi ini maka pola-pola teknikal yang telah muncul pada masa lalu bisa diterapkan untuk memperkirakan pergerakan pasar yang akan terjadi



Semoga artikel Dasar-dasar teknikal bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Entri Populer