Membuat sendiri trading-system

Posted by Bimaster On Minggu, 21 Agustus 2011 0 komentar

Jika anda memutuskan membuat sendiri trading-system anda, maka langkah-langkah di bawah ini mungkin dapat membantu:

1. Kerangka Waktu
Tentukan kerangka waktu yang akan anda gunakan dalam trading. Jika anda seorang intraday-trader pilihannya bisa M5 – H1.

2. Mata Uang
Tentukan juga mata uang apa saja yang akan anda jadikan instrumen trading anda. Pilih mata uang yang dapat anda kenali karakteristiknya dengan baik dan menguntungkan (spread kecil dan pergerakan harian besar).

3. Cara Mengenali Potensi Trading
Tentukan cara-cara atau teknik yang anda gunakan untuk mengenali potensi trading. Anda bisa menggunakan indikator seperti Moving Avarages, MACD, atau Parabolic
SAR. Atau anda juga bisa menggunakan garis support-resistance dan trend.

4. Cara Mengkonfirmasi Potensi Trading
Setelah anda mengenali potensi trading, langkah yang harus dilakukan selanjutnya adalah mengkonfirmasi potensi trading tersebut. Tidak jarang trader terjebak pada posisi yang salah dan sangat merugikan karena gagal melakukan konfirmasi dan terlalu cepat mengambil posisi karena tidak melakukan konfirmasi.

5. Target dan Resiko

Anda juga perlu menentukan berapa target harian yang anda ingin raih dan berapa resiko yang siap anda ambil setiap kali bertransaksi. Tiap trading-system punya kekhasan tersendiri, anda perlu menentukan target dan resiko (dalam pip) yang cocok untuk anda gunakan dalam sistem anda.

6. Titik Masuk Dan Keluar
Dalam trading-system ini anda juga harus menentukan kapan saat anda masuk bertransaksi.
Tidak hanya itu saja anda juga harus mempersiapkan kapan anda menutup transaksi. Dalam hal ini selalu ada dua kemungkinan yang harus diperhitungkan: kapan anda akan keluar jika mengalami keuntungan dan kapan anda akan keluar jika anda mengalami kerugian (harga berbalik arah).

7. Tuliskan dan Praktekkan
Ini adalah langkah yang paling penting dalam membangun trading-system anda. Tuliskan sistem yang ingin gunakan dan ikuti sistem tersebut dengan baik. Ini membutuhkan disiplin dan kesabaran.

Jika anda tidak mau berdisiplin mengikuti sistem yang anda buat sendiri, sistem apapun tidak akan memberikan keuntungan buat anda. Sistem terbaik sekalipun pasti membutuhkan waktu untuk dapat memberikan hasil, setidaknya anda sendiri pasti perlu waktu dan untuk beradaptasi dan menguasai sistem tersebut dalam kondisi trading sesungguhnya.
Semoga artikel Membuat sendiri trading-system bermanfaat bagi Anda.

Jika artikel ini bermanfaat,bagikan kepada rekan melalui:

Entri Populer